Apa yang mengganggu pikiran dan perasaan Anda
Makalah Tugas Kuliah
ANALISIS PERMASALAHAN BK
DAN
SOLUSINYA
A.
Pendahuluan
Tujuan umum pelayanan bimbingan dan
konseling pada dasarnya sejalan dengan tujuan pendidikan itu sendiri,
sebagaimana dinyatakan dalam UU No. 2/1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional,
yaitu terwujudnya manusia Indonesia seutuhnya yang cerdas, yang beriman dan
bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi pekerti luhur, memiliki
pengetahuan dan keterampilan, sehat jasmani dan rohani, serta mempunyai rasa
tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. (Drs. Agus Mulyadi, M.Pd. 7 : 2003)
Kegiatan
bimbingan dan konseling sebagai bagian integral dari upaya pendidikan, mengacu
kepada aspirasi dan cita-cita bangsa. Bimbingan dan konseling ikut serta
mencerdaskan kehidupan bangsa melalui berbagai pelayanan kepada peserta didik
bagi pengembangan pribadi dan potensi mereka seoptimal mungkin. (Prof. Dr. H.
Prayitno, M.Sc. Ed. 1 : 2011)
Berdasarkan
SK Mendikbud No. 025/O/1995 tentang Petunjuk Teknis Ketentuan Pelaksanaan
Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, pada nomor 7 (dalam pelaksanaan
bimbingan dan konseling) poin d (Satu kali kegiatan bimbingan dan konseling
memakan waktu rata-rata 2 (dua) jam tatap muka). (Prof. Dr. H. Prayitno, M.Sc.
Ed. 14 : 2011)
B.
Permasalahan
Berdasarkan
isi SK Mendikbud tersebut di atas menegaskan bahwa diperlukan waktu rata-rata 2
(dua) jam tatap muka atau 2 (dua) jam pelajaran dalam satu kali melakukan
kegiatan bimbingan dan konseling. Hal tersebut menunjukkan bahwa seorang guru
pembimbing/konselor memiliki hak 2 (dua) jam pelajaran untuk setiap kelas dalam
satu minggu. “Dalam kurikulum yang berlaku sekarang, waktu khusus terjadwal
untuk masuk kelas belum disediakan”. (Drs. Ridwan, M.Pd. 202 : 2008).
Pelaksanaan
bimbingan dan konseling di sekolah disusun dalam bentuk program tahunan,
program semester, program bulanan, program mingguan, program harian, dan RPBK
(Rencana Pelaksanaan Bimbingan Konseling) baik itu secara kelompok (clasical) maupun perorangan (individual). Program tersebut tersusun
secara sistematis dan logis, akan tetapi tidak sepenuhnya terlaksana, sebab
pelaksanaan program bimbingan dan konseling ditempatkan sepenuhnya sebagai
suatu kegiatan yang sifatnya insidentil.
Sebagian
besar guru mata pelajaran, bahkan terkadang ada kepala sekolah menilai
Bimbingan dan Konseling (BK) baru bekerja bila ada peserta didik yang
bermasalah, padahal bimbingan dan konseling menangani bukan hanya peserta didik
yang bermasalah saja, akan tetapi peserta didik yang baik-baik-pun juga
diberikan layanan. Fungsi bimbingan dan fungsi konseling seringkali disatukan,
sehingga yang nampak adalah penanganan bagi peserta didik yang bermasalah saja.
Padahal pemberian layanan itu diberikan kepada semua peserta didik.
Kembali
kepada pokok permasalahan antara hak memberikan layanan 2 (dua) jam pelajaran
dan tidak tersedianya waktu yang terjadwal masuk dalam kelas yang ditetapkan
kurikulum menjadi suatu kendala dalam pelaksanaan layanan secara terjadwal. Hal
tersebut dapat mengakibatkan tidak semua kelas mendapatkan layanan, sebab guru
pembimbing/konselor hanya menggunakan jam pelajaran yang kebetulan guru mata
pelajarannya berhalangan. Kalau-pun semua kelas dapat dimasuki akan tetapi
tidak semua yang diprogramkan dapat dilaksanakan karena kesempatan untuk
memasuki kalas tidak merata, tergantung kesempatan.
Sebagai
contoh, ada 9 (sembilan) tugas perkembangan yang diprogramkan untuk semua
kelas, hal ini tidak dapat dilakukan karena tidak tersedianya waktu secara
terjadwal untuk masuk kelas. Untuk lebih jelasnya dapat kita lihat pada salah
satu tugas perkembangan yang sudah diprogramkan dan tertuang dalam RPBK berikut
ini:
RPBK
RENCANA
PELAKSANAAN BIMBINGAN KONSELING
Layanan Bimbingan
Kelompok
Tugas Perkembangan :
|
4.
Mengembangkan penguasaan ilmu, teknologi, dan
kesenian sesuai dengan program kurikulum, persiapan karir dan melanjutkan
pendidikan tinggi, serta berperan dalam kehidupan masyarakat yang lebih luas
|
||||||
A
|
Topik Permasalahan/Bahan
|
:
|
Kesiapan peserta didik menghadapi ujian semester
genap/penaikan kelas
|
||||
B
|
Bidang Bimbingan
|
:
|
1.
Peribadi
|
3. Sosial
|
|||
2.
Belajar
|
4. Karir
|
||||||
C
|
Jenis Layanan
|
:
|
1.
Orientasi
|
4. Pembelajaran
|
|||
2.
Informasi
|
5. Konseling Perorangan
|
||||||
3. Penempatan dan penyaluran
|
6. Bimbingan Kelompok
|
||||||
7. Konseling Kelompok
|
|||||||
D
|
Fungsi Layanan
|
:
|
1.
Pemahaman
|
4. Pemeliharaan dan Pengembangan
|
|||
2.
Pencegahan
|
|||||||
3.
Pengentasan
|
|||||||
E
|
Tujuan Layanan/Hasil yang Ingin Dicapai
|
:
|
Peserta didik siap mengikuti ujian semester
genap, sehingga nilai yang diperoleh dapat mencapai bahkan melebihi standar
ketuntasan minimal setiap mata pelajaran.
|
||||
F
|
Sasaran Layanan
|
:
|
Peserta didik kelas VII, VIII, IX.
|
||||
G
|
Uraian Kegiatan dan Materi
|
:
|
a. Pembukaan
(3 menit)
1.
Salam/menyapa siswa
2.
Mengecek kehadiran
3.
Yang akan kita bahas adalah :
·
Cara belajar, dan bagaimana belajar itu.
b. Transisi
·
Selama ini kita selalu belajar, secara umum
dapat dikatakan bahwa belajar adalah usaha sadar yang dilakukan untuk
mengetahui sesuatu yang belum diketahui.
·
Bagaimana sebenarnya belajar itu.
c. Inti
·
Belajar itu adalah membuktikan, contoh (memperlihatkan selembar kertas kepada
peserta didik)
-
Apa ini?
-
Kertas ini berbentuk apa?
-
Berapa ukurannya?
-
Saya mengatakan bahwa ukuran kertas ini adalah
21 X 33 cm.
-
Untuk mengetahui kebenarannya maka perlu kita
buktikan.
-
Ambil mistar
-
Satu orang peserta didik mengukurnya
-
Hasil yang diperoleh adalah 21,1 X 33,5, ini
adalah ukuran yang tepat sebab telah dibuktikan dengan cara mengukurnya.
-
Ketika anda melakukan pengukuran berarti anda melakukan
pembuktian, dengan melakukan pembuktian maka anda belajar.
·
Belajar itu dengan cara melakukan, contoh :
-
Dalam pelajaran Bahasa Indonesia, pada pokok
bahasan puisi, secara teori dikatakan puisi itu harus ada rima.
-
Rima adalah pengulangan bunyi
-
Bunyi yang berulang adalah bunyi huruf akhir
pada kata atau kalimat
-
Kalau anda menuliskan kalimat yang bunyi huruf
akhirnya sama, maka anda telah melakukan belajar.
-
Perhatikan kutipan syair berikut (dinyanyikan)
§
Ingin kudekap dan menangis di pangkuanmu
§
Sampai kutertidur bagai masa kecil dulu
·
Yang menyita waktu untuk belajar salah satunya
adalah HP, biasanya peserta didik lebih banyak menggunakan waktu untuk
telepon dan sms dengan pembicaraan yang tidak penting.
-
Baiknya gunakan hp untuk telepon dan sms
membiacarakan/membahas pelajaran/tugas.
-
Dapat juga gunakan untuk menghubungi guru mata
pelajarannya.
d. Penutup
·
Tingkatkan rasa ingin tahu anda.
·
Gunakan metode belajar dengan cara melakukan
dan membuktikan, dengan begitu anda akan menjadi tahu.
·
Belajarlah secara ilmiah contoh (mengambil sebuah kerikil, kedua telapak
tangan terbuka, lalu kerikil di letakkan di telapak tangan kanan, secara
bersamaan kedua telapak tangan diayunkan menutup mata kanan dan mata kiri,
mata kanan terus digosok dan kerikil menghilang, saat telapak tangan kiri
yang menutupi mata kiri di buka, kerikil itu ada di dalamnya) secara
ilmiah kerikil itu tidak dapat masuk melalui mata kanan dan berpindah
ketelapak tangan kiri melalui mata kiri.
·
Gunakan waktu sebaik-baiknya untuk belajar
dalam menghadapi ujian semester genap/penaikan kelas.
·
Bagaimana metode belajar yang akan anda
gunakan?
|
||||
H
|
Metode
|
:
|
-
Ceramah - Peragaan
|
||||
I
|
Tempat Penyelenggaraan
|
:
|
Ruang kelas VIII.1
|
||||
J
|
Waktu/Tanggal
|
:
|
Sabtu, 26 Januari 2013
|
||||
K
|
Penyelenggara Layanan
|
:
|
Guru BK
|
||||
L
|
Pihak-pihak yang disertakan
|
:
|
|||||
M
|
Alat Perlengkapan yang digunakan
|
:
|
-
Kerta HVS - Spidol white board
|
||||
N
|
Keterkaitan Layanan dengan Layanan Lainnya
|
:
|
Perserta didik mampu belajar secara ilmiah pada
semua mata pelajaran
|
||||
O
|
Catatan Khusus
|
:
|
-
|
||||
Mengetahui,
Kepala SMP
Negeri 2 Pancarijang
Sutomo,
S.Pd.,M.Si
NIP. 19581231 197903 1 062
|
Rappang, 26 Januari
2013
Guru
Pembimbing,
L. A. Sanrang S., S.Pd., M.Pd.I.
NIP. 19730818 200604 1 031
|
Tugas perkembangan 4 (empat) yang
telah diprogramkan dengan sasaran layanan peserta didik kelas VII 1,2,3,4,5,6.......,
VIII1,2,3,4,5,6......., dan IX 1,2,3,4,......., tidak
dapat dilaksanakan sepenuhnya sesuai program.
C.
Penanganan/Solusi
Program
layanan yang siap dilaksanakan, dan tidak tersedianya waktu masuk kelas secara
terjadwal adalah kendala yang memerlukan penanganan secara bijaksana. Salah
satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan metode pendekatan dan kekeluargaan
antara guru pembimbing dan guru mata pelajaran yang difasilitasi oleh kepala
sekolah agar ada waktu yang dapat digunakan oleh guru pembimbing masuk kelas
menyampaikan materi layanan yang telah diprogramkan.
Selain
cara tersebut di atas, dapat juga dilakukan dengan berkolaborasi dengan guru
mata pelajaran yang relevan dengan tugas perkembangan yang akan diberikan, pada
poin K (penyelenggara layanan) dan L (pihak-pihak yang disertakan) dalam RPBK
menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program layanan guru pembimbing dapat
melibatkan pihak-pihak lain, atau dapat bekerjasama dengan guru mata pelajaran
lainnya.
D.
Penutup
Demikian
makalah ini saya susun dengan penuh keterbatasan ilmu dan pengetahuan, namun
sebagai proses pembelajaran inilah yang dapat saya lakukan. Olehnya itu segala
kekurangan dalam makalah ini, dengan rendah hati saya memohon kritikan.
Saya
senantiasa mengharapkan bantuan, karena itu sebelum dan sesudahnya
saya ucapkan banyak terima kasih.
Wassalam
Mahasiswa
L. A. Sanrang S
|
Daftar Pustaka
Agus Mulyadi (2003). Dasar-Dasar
Bimbingan dan Konseling. Departemen Pendidikan Nasional. Balai
Penataran Guru Makassar.
Prayitno (2011). Panduan
Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta. Rineka
Cipta.
19.55
|
|
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Unjuk Kerja Guru BK
Anda senang bekerja secara online ?
Kami siapkan tempat untuk anda bekerja !
Silahkan isi kolom "Menyusun Program Tahunan" di bawah ini.
Hasilnya dapat anda lihat pada bagian "Program Tahunan View.
Program yang telah anda susun dapat anda Print.
Kami siapkan tempat untuk anda bekerja !
Silahkan isi kolom "Menyusun Program Tahunan" di bawah ini.
Hasilnya dapat anda lihat pada bagian "Program Tahunan View.
Program yang telah anda susun dapat anda Print.
Diberdayakan oleh Blogger.
0 komentar:
Posting Komentar